Idul Adha : Al-Azhar Targetkan Pemotongan Kurban Beres Satu Hari

Metro, Jakarta - Panitia kurban Idul Adha 2017 Masjid Agung Al-Azhar Pusat, Kebayoran, Jakarta Selatan, menargetkan pemotongan hewan kurban yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB tadi beres hari ini juga.

"Nanti (waktu) terpotong salat Jumat, kami lanjut lagi (pemotongan hewan) pukul 13.00," ujar Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Peduli Umat, Rahmatullah Sidik, hari ini, Jumat, 1 September 2017.

Sidik menjelaskan, panitia akan menyembelih 200 ekor kambing dan 23 ekor sapi. Terdapat 4 sapi berukuran besar dengan berat kurang lebih 1 ton yang salah satunya sumbangan dari Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Sebanyak 2.000 kupon daging juga telah disebarkan ke beberapa masjid dan komunitas sekitar Al-Azhar Pusat yang selanjutnya disebarkan ke warga RT dan RW sekitar.

Hewan-hewan kurban tersebut dibeli oleh panitia dari para peternak bimbingan Al-Azhar kemudian dijual kepada masyarakat yang ingin berkurban. "Sapi dan kambing dibeli dari peternak-peternak bimbingan kami sesuai harga pasar," kata Sidik.

Al-Azhar, menurut dia, memiliki peternak-peternak bimbingan yang tersebar di berbagai daerah seperti Jabodetabek, Bandung, dan Purwakarta. Para peternak awalnya dimodali 5 ekor kambing dari hasil uang amal, zakat, dan infak untuk diternakkan. Sidik mengatakan, pembelian hewan untuk kebutuhan Idul Adha merupakan salah satu program pemberdayaan oleh Yayasan Al-Azhar untuk mensejahterakan para peternak.

ADAM PRIREZA

expand_less